Mungkin kalian semua udah gak asing lagi sama digital marketing. Ketika mendengar kata digital marketing ada sebagian orang yang tidak tahu sama sekali apa yang dikerjakan oleh seorang digital marketer (orang yang melakukan pekerjaan digital marketing) atau ada sebagian orang yang terlintas di pikirannya bahwa digital marketing itu tentang iklan di sosial media. Pikiran-pikiran tersebut tidak 100% benar dan tidak 100% salah juga, karena di dalam dunia digital marketing jangkauannya lebih luas lagi. Buat lebih tau tentang dunia marketing lebih jauh, bisa baca penjelasan dibawah ini hingga tuntas ya!
1. Riset Pasar
Seorang digital marketer tentunya memiliki goals untuk dapat meningkatkan penjualan, oleh sebab itu sebelum seorang digital marketer bisa mencapai goals tersebut digital marketer harus bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan melakukan riset pasar digital marketer dapat memahami audiens yang akan ditujunya atau orang-orang yang sesuai dengan produk yang akan ditawarkannya. Riset ini bisa dilakukan dengan melihat dari usia, gender, hobi, hingga problem apa yang sedang mereka hadapi. Tujuan dari adanya riset ini adalah untuk efisiensi dan efektifitas dari sebuah promosi agar lebih tepat sasaran. Coba kamu bayangkan, jika seorang digital marketer tidak melakukan riset terlebih dahulu dan dia memiliki tugas untuk mempromosikan popok untuk orang dewasa maka yang akan terjadi adalah bisa saja promosi tersebut bukannya sampai kepada orang-orang yang memang membutuhkan popok tersebut seperti lansia atau orang dewasa yang sedang sakit, promosi tersebut bisa saja malah sampainya kepada orang tua yang memiliki bayi. Jika hal itu terjadi tentunya sangat merugikan dari segi waktu, biaya, tenaga, dan dan targetnya akan sulit untuk dicapai.
2. Membuat Strategi Marketing
Setelah riset dilakukan selanjutnya adalah menyusun strategi pemasaran. Seperti halnya berperang, seorang digital marketer tidak boleh langsung eksekusi tanpa adanya bekal strategi yang matang. Apa sih sebenarnya fungsi dari strategi ini? seperti halnya dalam berperang strategi dibutuhkan untuk mengalah kan lawan. Digital marketer juga menghadapi lawan yaitu perusahaan kompetitor, perubahan trend yang cepat, dan lainnya. Hal-hal seperti itu perlu dipersiapkan secara matang tidak bisa kita hanya ucuk-ucuk buat konten dan berharap konten tersebut meledak. Nah, strategi dalam dunia digital marketing ini sangat banyak. Salah satunya itu kita bisa membuat konten planner yang bertujuan untuk menyusun secara sistematik terhadap konten-konten yang perlu dibuat. Isi dari konten planner ini mulai dari tema konten, jenis konten, jadwal upload konten, dan lain sebagainya yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan.
3. Membuat Konten yang Menarik
Setelah itu digital marketer harus bisa membuat konten yang menarik, konten bisa berbentuk gambar atau video semua bisa disesuaikan oleh kebutuhan. Yang pasti konten harus berisi hal-hal yang relevan sesuai dengan brand, tujuan yang ingin dicapai dari konten tersebut, ataupun produk dari brand tersebut.
4. Mengelola Sosial Media
Menjadi seorang digital marketer juga bisa mengelola akun sosial media menjadi interaktif dan menjaga reputasi dari brand tetap positif.
5. SEO
SEO atau Search Engine Optimization ini berguna untuk biar website kita itu gampang ditemui di mesin pencarian seperti Google. Biasanya yang dikerjakan oleh digital marketer terkait SEO ini berhubungan dengan menulis artikel, atur kata kunci yang tepat, dan mengecek performa dari website.
6. Iklan Berbayar
Seiring perkembangan jaman, iklan tidak hanya bisa dilakukan di TV, koran, radio, atau cara-cara tradisional lainnya. Didalam dunia gital iklan juga bisa dilakukan di sosial media yang bertujuan untuk mendatangkan traffic yang lebih cepat. Biasanya iklan bisa dipasang di Google dan Sosial Media.
7. Analisis Data
Selanjutnya adalah melakukan analisis data. Hal ini berhubungan dengan kampanye pemasaran yang dilakukan oleh digital marketer apakah kampanye tersebut memiliki dampak yang signifikan atau tidak. Selain analisis untuk kampanye analisis data juga diperlukan untuk analisis data konten, SEO, dan analisis trend agar kita tidak ketinggalan trend-trend baru yang muncul.
Jadi bagaimana sekarang udah tau kan kerjaan seorang digital marketer itu ngapain aja?. Ternyata mereka gak cuma iklan dan upload konten doang kan, tapi mereka benar-benar harus menyusun dan mengatur strategi agar bisnis bisa tumbuh. Dan semua itu tentunya tidak mudah.
0 komentar:
Posting Komentar